food-drinks25.gif
Cokelat bisa membuat kamu kembali ceria dan mengingatkan kamu tentang indahnya jatuh cinta. Cokelat bukan hanya terasa lezat di lidah, tetapi nikmatnya juga terasa sampai ke jantung kamu lho…!!! Selain dengan bunga, orang juga sering menyatakan cintanya dengan cokelat. Bahkan ada yang mengatakan bahwa cokelat lebih disukai wanita ketimbang bunga. Tetapi ada sebagian orang yang takut mengkonsumsi cokelat karena khawatir kalau timbul jerawat, dan kolestrolnya meningkat. Meski cokelat belum dikatagorikan makanan sehat, namun tidak berarti cokelat tidak mempunyai khasiat.

  • s3jaRah Cok3laT

Pada awal ke-7, secara tak sengaja suku Maya menemukan biji cokelat di pedalaman hutan Amerika Serikat. Kemudian biji cokelat itu ditanamnya. Setelah pohon cokelat besar dan berbuah, mereka memanfaatkannya sebagai minuman dan makanan. Sejak saat itu, cokelat mulai berkembang. Sampai sekarang suku Indian sangat percaya bahwa cokelat memiliki khasiat dan kekuatan gaib tertentu. Penanaman pohon cokelat juga harus melalui upacara adat. Seperti, biji cokelat diletakan di bawah sinar rembulan agar menghasilkan panen cokelat yang baik. Setelah itu, biji cokelat yang baik digunakan sebagai alat tukar (barter).

  • Mit0s Dan faKta Cok3laT

  1. Cokelat sering dituding mengandung kafein kadar tinggi, padahal sekitar 28,35 gram cokelat mengandung kafein yang sama dengan satu cangkir kopi tanpa kafein.

  2. Cokelat diasosiasikan dengan makanan berkolestrol tinggi, pada kenyataannya hanya cokelat yang mengandung susu atau produk susu lainnya yang mengandung kolestrol, itupun hanya 8 mg pada tiap 28,35 gramnya.

  3. Cokelat tidak menyebabkan jerawat.

  4. Cokelat bukan penyebab hiperaktivitas pada anak-anak. Cokelat hanya mungkin membuat gigi rusak, tetapi itu karena lupa menyikat gigi setelah mengkonsumsi cokelat.

Cokelat memang makanan lezat dan mengagumkan, tetapi bila harus mengkonsumsi 500 kalori untuk mendapatkan jantung yang sehat, nanti dulu! Bila kamu tidak memiliki alasan untuk membatasi kalori yang masuk ke tubuh mungkin hal ini tidak menjadi masalah. Tetapi bila kamu sudah kelebihan berat badan, kamu harus berfikir dua kali untuk melahap cokelat setiap hari.

    • CaRa m3nyiaSati

Dalam satu cangkir minuman cokelat plus susu skim terkandung 1,5 gram lemak dan 188 kalori, pada 100 gram cokelat susu batangan terkandung sekitar 28 gram lemak dan 520 kalori dan dalam 100 gram cokelat putih batangan terkandung 31 gram lemak serta 560 kalori.oleh karena itu perhatikan jumlah cokelat yang kamu konsumsi baik pada makanan ataupun minuman. Tentu saja ini disesuaikan dengan jumlah kalori keseluruhan yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara lain adalah dengan membeli cokelat dalam kemasan kecil. Sudah merasa puas? Berhentilah mengunyah, dan simpan sisanya jauh pada pandangan mata. Wanita mempunyai kecenderungan mengemil hanya karena lapar mata. Trik lain? Untuk membuat kue dan minuman, lebih baik kamu menggunakan cokelat bubuk (cokelat yang sebagian besar lemaknya telah dikurangi) pililah cokelat yang mengandung cocoa butter atau cokelat cair dan hindari yang mengandung minyak hidrogen. -(berbagai sumber)